Kenapa Perut Bagian Kanan Sakit ini Penyebabnya

By | November 3, 2022

Kenapa Perut Bagian Kanan Sakit – Halo sobat pembaca sekalian, kali ini saya akan membahas kenapa perut bagian kanan sakit. Semua orang pasti pernah merasakan sakit perut dan merupakan salah satu gejala umum yang wajar dirasakan manusia, pada dasarnya sakit perut sendiri biasanya menandakan adanya aktivitas tidak wajar pada sistem pencernaan yang terganggu. Namun, jika kondisi yang dirasakan hanya pada perut sebelah kanan bisa jadi penyebabnya adanya gangguan kesehatan yang lebih mendetail. Ketahui lebih jauh penyebab sakit perut sebelah kanan yang mungkin bisa sampai nyeri pada bagian bawah perut dan pinggang.

Alasan Kenapa Perut Bagian Kanan Sakit

Penyebab Kenapa Perut Bagian Kanan Sakit

Rasa nyeri dibeberapa titik bagian perut biasanya menandakan ada gangguan pada pencernaan manusia. Terdapat beberapa organ-organ yang berada pada sisi kanan perut manusia yaitu lambung, hati, usus, serta ginjal. Dalam beberapa kasus, nyeri di perut dapat disebabkan adanya pasokan darah ke dalam organ seperti penyakit iskemia usus. Tetapi jika penyebabnya tidak diketahui dokter akan memeriksa kondisi tubuh dan mencari sumber nyeri.

Berikut Penyebab Umum Kenapa Perut Bagian Kanan Sakit

1. Apendisitis ( Radang Usus Buntu )

Apendisistis atau disebut radang usus buntu ialah penyebab paling umum yang menjadi nyeri pada perut sebelah kanan bawah. Usus buntu sendiri merupakan organ perpanjangan dari usus besar pada manusia. Posisinya ada dekat dengan pertemuan antara usus halus dan usus besar.

Radang usus buntu bisa terjadi saat terdapat sumbatan di usus buntu akibat adanya infeksi. Efeknya, usus buntu akan membengkak dan menyebabkan efek rasa nyeri pada bagian perut sebelah kanan. Nyeri ini biasanya akan mulai terasa di sekitar pusar hingga perut sebelah kanan bawah. Rasa nyeri ini akan timbul saat kita bergerak atau perut menerima tekanan.

2. Kolik Bilier ( Nyeri Perut Sebelah Kanan )

Menurut istilah medis arti dari Kolik bilier sendiri untuk menjelaskan kondisi nyeri perut sebelah kanan atas yang kambuh tiba-tiba akibat ada masalah pada sistem empedu. Kondisi ini terjadi karena sumbatan di saluran empedui oleh batu empedu. Terkadang, nyeri ini berlangsung hanya beberapa menit atau bahkan bisa sampai satu jam setelah anda menyantap makanan terutama makanan yang mengandung lemak tinggi.


Rasa nyeri ini biasa timbul dari perut dibagian kanan sampai menjalar ke bawah tulang belikat kanan. Selain itu bisa disertai mual dan muntah. Jika kamu mengalami gejala umum seperti diatas bahkan hingga demam dan rasa panas dingin pada tubuh, ini bisa menandakan kolesistitis alias radang kantong empedu.

3. Batu Ginjal

Sudah jadi rahasia umum ciri-ciri penyakit batu ginjal adalah keluhan rasa sakit pada perut bagian sebelah kanan. Namun, pada dasarna nyeri yang diakibatkan batu ginjal hampir mirip dengan nyeri yang disebabkan kolik biler dan beberapa gangguan pencernaan lainnya. Tapi biasanya nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal akan muncul dengan intensitas yang sangat tinggi. Rasa nyerinya bervariasi tergantung ukuran besar atau kecil batu ginjal.

4. Sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana seseorang kesulitan untuk membuang air besar. Sembelit sesekali menimbulkan rasa sakit pada perut dibagian kanan. Jika kondisi makin memburuk, kamu bisa mengalami pembengkakan pada perut bahkan muntah.

5. Limfadenitis Mesenterika

Limfadenitis mesenterika adalah kondisi saat terjadi pembengkakan dan radang pada kelenjar getah bening di dalam perut. Kondisi ini menyerang baigan kelenjar getah bening yang dinamakan mesentrika. Jaringan ini menghubungkan usus ke dinding perut. Gejala umum dari penyakit ini ialah meliputi rasa sakit diperut bagian kanan bawah, demam, mual, diare. Anak kecil bisa saja mengalami penyakit ini melalui infeksi pernapasan atau mengkonsumsi makanan daging babi yang belum matang dan terkena bakteri Yersinia Entrocolitica.

Sakit perut termasuk keluhan yang sangat umum. Meski begitu, nyeri pada bagian rongga perut sebelah kanan bisa menandakan masalah pada organ tertentu.

Jika Anda mengalami kondisi ini disertai gejala lain, sebaiknya segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *